Apa itu Efek Barnum/Efek Forer ?

Kali ini saya akan ngepost tentang Efek Barnum alias Efek Forer yang lumayan menambah wawasan. Bagi penggemar ramalan, wajib membaca artikel ini agar tidak terlalu percaya sama yang namanya ramalan lah,horoskop lah dan sebagainya.

Langsung saja...

Efek Barnum atau Efek Forer adalah manipulasi pikiran berupa kata kata yang ditunjukan pada orang" tertenu berdasarkan sesuatu (ramalan,horoskop,shio,feng shui,dsb) yang pada dasarnya kata" tersebut berlaku pada semua orang

intinya efek barnum ini membuat otak kita memikirkan hal" di masa lalu yang berkaitan tentang ramalan yang kita baca/dengarkan padahal semua orang juga pernah mengalami kejadian seperti itu "-_-)
saat kita telah teringat kejadian itu, akhirnya kita mempercayai ramalan tersebut, padahal kita cuma mengingat" kejadian yang berlalu

Jadi, kita tidak boleh terlalu mempercayai apa yang namanya ramalan. Masa depan sudah ditentukan oleh tuhan dan tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi. Kita bisa mempercayai ramalan sekedar hiburan saja tapi ga perlu serius menanggapinya.

Sekian post saya kali ini, semoga menambah wawasan kalian ^_^

Komentar

Postingan Populer