The Summer Triangel

"Are ga Deneb, Altair, Vega,  kimi wa yubisasu natsu no daisankaku"....

Lirik dari lagu supercell yang berjudul kimi no shiranai monogatari ini membuat saya tertarik untuk membuat postingan ini.



Summer Triangel atau Segitiga Musim Panas ini adalah 3 bintang yang terang dan jika dihubungkan akan membentuk segitiga raksasa. Ketiga bintang ini adalah :

- Altair yaitu bintang alpha pada rasi Aquilla
- Vega yaitu bintang alpha pada rasi Lyra
- Deneb yaitu bintang alpha pada rasi Cygnus

*Bintang alpha adalah bintang paling terang pada suatu rasi bintang.


dan seperti namanya, jika ketiga bintang ini telah muncul di langit, artinya musim panas akan segera tiba.

Di Indonesia, kita dapat melihat bintang ini pada bulan Juli sampai Oktober.


Bintang ini juga mempunya cerita tersendiri salah satunya adalah legenda Tanabata di Jepang.
Legenda ini menceritakan Vega sebagai Orihime yaitu putri raja langit yang pandai menenun, dan Altair sebagai Hikoboshi yaitu seorang pengembala sapi. Hikoboshi adalah orang yang sangat rajin, sehingga raja langit mengizinkan mereka untuk menikah. Lalu mereka hidup bahagia, sayangnya setelah mereka menikah
Orihime berhenti menenun dan Hikoboshi berhenti mengembala. Itu membuat raja langit murka, lalu memisahkan mereka dengan sungai Amanogawa (Milky Way). Mereka hanya diizinkan bertemu 1 tahun sekali pada malam ke 7 di bulan ke 7 setelah bekerja keras. Jika saat itu hujan turun sungai Amanogawa akan meluap dan mereka bertemu, sekawanan burung kasanagi akan membentuk barisan yang membentuk jembatan sehingga mereka dapat bertemu.



Di jepang diadakan Festival Tanabata (Tanabata Matsuri) untuk merayakan Orihime dan Hikoboshi yang bertemu. Festifal itu dirayakan dengan menggantung kertas berisi harapan pada pohon bambu.





Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat ^-^

Komentar

Postingan Populer